Tips Mencari ‘Unknown Driver’ perangkat komputer

Hm.. susah memang kalau kita punya perangkat komputer yang kita butuhkan tapi tidak bisa memakainya gara-gara drivernya tidak ada.

Hari ini di kantor saya sangat membutuhkan Webcam untuk keperluan software yang sedang saya develop, tapi ternyata saya haru pakai laptop dengan OS Windows XP sedangkan webcam yang saya punya sudah loose pack alias tidak ada boxnya. Walhasil saya bingung mencari drivernya dan parahnya saya tidak tahu vendor dan type perangkatnya.

setelah bingung beberapa jam baru saya dapatkan tipsnya, dan ternyata tidak sulit kok..

tinggal masuk saja ke device manager:

unknowndevice

pada perangkat yang tidak ditemukan drivernya (tanda tanya kuning) klik kanan saja, pilih properties.

di box properties pilih tab Details

nah disitu ada keterangan yang bisa langsung googling🙂 (sebenarnya ada cara yang lebih rumit dan panjang, tapi ini yang paling simple).

dalam kasus di atas, saya mencari driver perangkan PC Camera dengan kode detail:

USB\VID_0AC8&PID_301B\5&16F5AC8E&0&2

meskipun saya bilang googling, tapi tidak harus pake google kok.. yang penting search engine, coba sekarang saya pake yahoo aja. ini hasilnya

hasil search engine

ada banyak pilihan di situ, dan saya pilih salah satu  untuk saya download.

dan akhirnya saya menemukan driver yang saya inginkan:

found driversaya menemukan Driver PC Cam..bla..bla…bla dalam format rar, kemudian tinggal saya install saja langsung drivernya, berikut ini prosesnya:

installing driver

perhatikan di kotak device manager, perangkat saya masih ada tanda seru kuning… coba kita tunggu sampai selesai instalasi:

itsdone

OK, It’s Done!! lihat akhirnya selesai juga instalasinya hanya beberapa menit saja dan buktinya di kotak Device sudah mulus tanpa tanda tanya atau tanda seru lagi.

sekarang waktunya kita coba kebenarannya😛

nowicanuseit

Hm.. Tara..!!!!! Alhamdulillah sekarang perangkat ini sudah bisa kita pakai.

Ok, demikian sedikit tips buat kita. biar gak bingung cari software pencari device/driver.

Wassalam, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

