Sejarah Singkat Baking Soda


Dalam bentuk alami, baking soda dikenal sebagai nahcolite, yang merupakan bagian dari mineral natron alamiah. Natron, yang mengandung sejumlah besar natrium bikarbonat, telah digunakan sejak zaman kuno. Misalnya, orang Mesir menggunakan natron sebagai sabun untuk tujuan pembersihan. Kemudian, laporan anekdot sepanjang sejarah menunjukkan bahwa banyak peradaban menggunakan bentuk baking soda ketika membuat roti dan makanan lain agar melar/mengembang.

Namun, tidak sampai 1846 ketika Dr Austin Gereja dan Dwight John mulai memproduksi dan menjual senyawa yang kita kenal sebagai baking soda hari ini. Pada 1860-an, baking soda adalah fitur dalam buku masak yang diterbitkan, dan pada 1930-an secara luas diiklankan sebagai 1 Come 1972 “agen medis yang terbukti.”, Ide untuk menyimpan kotak baking soda di lemari es untuk menjaga makanan agar tetap segar.

Baking soda dipopulerkan oleh Arm & Hammer lebih dari 150 tahun yang lalu, dan sementara banyak orang menyadari kualitas serbaguna untuk memasak dan keperluan rumah tangga, beberapa orang menyadari bahwa baking soda juga memiliki potensi sebagi obat.

baking soda (soda kue)

sumber:  mercola.com

Berikut ini manfaat baking soda (soda kue) untuk pengobatan alamiah

A) Soda Baking Membantu Menyembuhkan Pilek, Demam dan Flu

Beberapa orang percaya bahwa baking soda dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam aliran darah. Hal ini mungkin premis dasar di balik penggunaannya yang direkomendasikan untuk mengatasi gejala pilek dan flu. Dalam booklet berjudul “Baking Soda Arm & Hammer Penggunaan Medis,” diterbitkan pada tahun 1924, Dr S. Volney Cheney menceritakan keberhasilan klinis dengan natrium bikarbonat dalam mengobati flu.

Berikut ini cara mudah mengatasi gejala flu, cukup dengan melarutkan baking soda dalam segelas air dingin kemudian diminum. Dosis yang dianjurkan dari Arm & Hammer Company untuk pilek dan influenza kembali pada catatan tahun 1925 adalah:

Hari 1 – Ambil enam dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin, dengan interval (jarak waktu berselang) sekitar dua jam
Hari 2 – Ambil empat dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin, dengan interval dua jam

Hari 3 – Ambil dua dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin pagi dan sore hari, dan setelah itu ½ sendok teh dalam segelas air dingin setiap pagi sampai hilang gejala demam.
Pengobatan lainnya dengan Baking Soda

Anda akan kagum akan berbagai solusi bila Anda memiliki sebungkus baking soda. Diantaranya:

Sakit Maag:

Saya secara pribadi merekomendasikan hal ini kepada banyak orang, termasuk anggota keluarga dan telah terkejut betapa sangat efektif itu. Ini masuk akal, karena baking soda akan segera menetralisir asam lambung. Dosis biasanya 1-2 sendok teh dalam segelas penuh air.

Melepas Kesusupan benda dari dalam kulit:

Tambahkan satu sendok makan baking soda dengan segelas kecil air, lalu rendam daerah yang terkena, dua kali sehari. Banyak pecahan akan keluar sendiri setelah beberapa hari menggunakan perawatan ini.

Luka Bakar Matahari:

Tambahkan ½ cangkir baking soda ke air mandi suam-suam kuku, lalu rendam dalam bak mandi untuk bantuan alamiah. Ketika Anda keluar, membiarkan kulit Anda mengering, ketimbang mengeringkan dengan handuk. Anda juga dapat menambahkan campuran baking soda dengan air untuk kompres dingin dan menerapkannya langsung pada luka bakar matahari.

Deodoran Alamiah:

Jika Anda ingin menghindari paraben dan aluminium dalam deodoran dan antiperspirant, cobalah sejumput baking soda dicampur dengan air sebagai gantinya. Ini pasta yang sederhana untuk membuat deodoran alami yang efektif dan sederhana.

Peningkatan kinerja olahraga (doping/perangsang):

pelari Jarak jauh telah lama terlibat dalam praktek yang dikenal sebagai “doping soda” – atau minum kapsul baking soda. Sebelum bertarung untuk meningkatkan kinerja, 3 ukuran yang berpikir untuk bekerja sama dengan karbohidrat loading. Sementara saya tidak menyarankan Anda mencoba ini di rumah, itulah contoh lain manfaat baking soda.

Penghilang plak gigi dan pasta gusi:

Untuk gigi sangat efektif dan pasta gusi, gunakan campuran dengan takaran enam dari baking soda dan satu dari garam laut (6 berbanding 1). Masukkan dalam blender selama 30 detik, kemudian tempatkan dalam wadah. Basahi ujung jari telunjuk Anda, ambil sejumlah kecil campuran garam-soda, letakkan pada gusi Anda. Dimulai dengan gusi luar atas dan kemudian bagian dalam atas, diikuti oleh luar bawah gusi kemudian bagian dalam yang lebih rendah, oleskan campuran tersebut ke gigi dan gusi. Ludahkan kelebihannya. Setelah 15 menit bilaslah mulut Anda. Campuran ini sangat efektif dalam membunuh bakteri.

Gigitan serangga:

Oleskan pasta yang terbuat dari baking soda dan air untuk gigitan serangga untuk membantu meringankan gatal. Anda juga dapat mencoba menggosok bubuk kering soda ke kulit Anda. Hal ini juga efektif untuk ruam gatal dan poison ivy.

Pemutih Gigi:

Untuk cara alami untuk memutihkan gigi Anda, remukkan satu buah stroberi matang dan mencampurnya dengan 1/2 sendok teh baking soda. Sebarkan campuran ke gigi Anda dan biarkan selama lima menit. Kemudian sikat gigi dan berkumur. Metode ini harus digunakan tidak lebih dari sekali seminggu, karena penggunaan yang berlebihan berpotensi merusak email gigi Anda.

Rendam Kaki :

Tambahkan tiga sendok makan baking soda ke bak air hangat untuk merendam kaki agar menyegarkan.

Exfoliator (pembersih kulit):

Sebuah pasta yang terbuat dari tiga bagian baking soda dikombinasikan dengan 1 bagian air dapat digunakan sebagai exfoliator untuk wajah dan tubuh. Itu wajar, murah dan cukup lembut untuk digunakan setiap hari.

Detox bath (mandi detoksi):

Baking soda dan sari apel membuat mandi spa-seperti indah untuk merendam menghilangkan sakit dan nyeri dan detoksifikasi (pelenyapan racun tubuh). Hal ini juga membersihkan bak mandi dan sia-sia, sebagai bonus!

*) Catatan: Sesuai disclaimer dari web http://www.mercola.com, artikel di atas bukanlah nasehat pribadi atau demi konsultasi medis, tapi semata-mata berbagi ilmu dari dr.Joseph Mercola dari hasil pengalaman pribadi maupun hasil riset yang dilakukan oleh tim beliau. Adapun keputusan pemanfaatan sepenuhnya ada di tangan Anda, para pembaca yang budiman. Apabila Anda menemukan terjemahan yang tidak akurat mohon bantu koreksi, terimakasih***

*) dr.Joseph Mercola adalah dokter kontroversial di Amerika yang cukup ternama dan banyak pengagumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: