Marketing, Direct Selling, MLM, tipe dan sejarahnya

Direct Selling atau penjualan langsung adalah cara memasarkan produk maupun jasa langsung kepada pelanggan. Langsung, yaitu secara temu muka. Temu muka ini umumnya berlangsung di
rumah pelanggan atau di rumah teman. Atau, tempat lain di luar lokasi pengecer. Ada tiga tipe dasar direct selling. Yaitu, One on One, party Plan, dan Multilevel Marketing (MLM).

One on One: Dalam sistem ini seorang penjual , yang merupakan agen/anggota/kontraktor yang mandiri atau lepas, menarik konsumen yang berpotensi di area khusus berdasarkan pendekatan orang ke orang. Mereka menawarkan produk, serta mendapat komisi atau basis lain. Pendapatan mereka dapat juga diperoleh dari selisih harga pembelian ke supllier dan penjualan ke konsumen.

Party Plan: Pada metode seorang penjual, karyawan lepas atau tetap, bertugas mencari atau menjadi tuan rumah yang mengundang sekelompok orang di rumahnya dalam rangka sales party untuk mendemonstrasikan produk. Penghasilan si penjual juga atas dasar selisih harga eceran. Si tuan rumah biasanya diberikan hadiah sebagai tanda terima kasih sesuai dengan nilai penjualan tertentu.

Multilevel Marketing (MLM) atau Sistem Networking: Adalah penjualan secara bertingkat dari distributor mandiri yang memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan dalam 2 cara. Pertama, penjualan produk langsung ke konsumen, Distributor mendapat keuntungan atas dasar perbedaan atau selisih antara harga distributor dan harga konsumen. Kedua, distributor bisa menerima potongan harga atas dasar jumlah produk/jasa yang dibeli oleh anggota kelompok bisnis untuk penjualan atau pemakaian, termasuk jumlah penjualan pribadi.

Kekuatan dari sistem direct selling adalah tradisi kemandiriannya layanan ke konsumen dan komitmen untuk pertumbuhan kewirausahaan dalam sistem pasar bebas. Sistem direct selling menawarkan peluang usaha kepada mereka yang mencari alternatif untuk mendapatkan penghasilan tanpa melihat suku, jenis kelamin, tingkat pendidikan, umur maupun pengalaman. Sistem ini menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan bekerja secara paro waktu maupun penuh waktu.
Dalam banyak kasus, peluang direct selling ini berkembang menjadi suatu ”karier’ yang memuaskan bagi mereka yang mencapai kesuksesan dan memilih untuk bekerja secara ‘full time’.
Produk – produk yang dijual pun beragam, mulai dari kosmetik dan perawatan tubuh, peralatan rumah tangga, hingga pakaian dan aksesoris, makanan, dan produk-produk nutrisi. Pada tahun 1978 berdiri Federasi Penjual Langsung Dunia (WFDSA), yang merupakan organisasi non pemerintah yang mewakili industri penjualan langsung sedunia. Sekarang ini ada 50 asosiasi penjualan langsung di dunia yang menjadi anggota federasi ini. Di Indonesia, asosiasi yang diakui oleh WFDSA adalah Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia atau APLI yang didirikan pada tahun 1984.

Sejarah Multi Level Marketing

Akar Multi Level Marketing berhubungan dengan orang-orang Amway Corporation dan lini produk Nutrilite. Konsep Nutrilite dikatakan berasal dari pemikiran Carl Rehnborg awal tahun 1930-an , seorang pengusaha Amerika yang pernah tinggal di China 1917-1927. Berawal dari eksperimen selama bertahun-tahun tentang efek diet yang tidak tepat, kemudian menawarkan kepada teman-temannya. Dalam jangka waktu tertentu Rehnborg mengunjungi lagi teman-temannya untuk melihat hasilnya, ada yang terpakai, lebih sering tidak terpakai… Rehnborg berpikir setelah membeli, kemudian mencoba, dan menyukainya… lebih jauh lagi ingin teman-teman mereka mengikuti juga… Dia bilan “kamu jual suplemennya akan saya beri komisi”.

Akhirnya Rehnborg berbisnis suplemen makanan dengan nama Vitamin California Corporation.
Pada tahun 1939 semakin besar usahanya kemudian diganti Nutrilite Product.
Menurut catatan Pengadilan Distrik Federal, signifikan out-of-state distribusi suplemen Nutrilite dimulai pada tahun 1945 ketika sebuah perusahaan dioperasikan oleh Lee S. Mytinger dan William S. Casselberry eksklusif menjadi distributor nasional. Rehnborg bertindak sebagai “penasihat ilmiah” dalam skema distribusi dan penjualan akan menjelaskan kepada kelompok bahwa suplemen berisi rahasia dasar nilai terapeutik yang tidak biasa dan merupakan jawaban manusia mencari kesehatan.

Penjualan kotor melambung menjadi US$ 500.000 per bulan, tetapi juga bermasalah pada hukum. Pada 1947, FDA mulai 4 tahun berjuang untuk memaksa Mytinger, Casselberry, Rehnborg, masing-masing perusahaan, dan sekitar 15.000 pintu-ke-pintu agen untuk berhenti membuat klaim liar tentang produk mereka. Pelanggan potensial telah diberi sebuah buku kecil, “How to Get Well and Stay Well”, yang mewakili Nutrilite sebagai efektif terhadap hampir setiap kasus “alergi, asma, depresi mental, tidak beraturan detak jantung, tonsilitis, dan sekitar 20 penyakit umum lainnya.
Buklet , yang berisi surat kesaksian, juga mengisyaratkan bahwa kanker, jantung, tuberkulosis, artritis dan banyak penyakit serius lainnya akan dapat disembuhkan pengobatan Nutrilite.

Setelah Mytinger dan Casselberry, Inc, diminta oleh pemerintah untuk menunjukkan penyebab mengapa sebuah peradilan kriminal untuk misbranding tidak boleh dimulai, buklet direvisi. Sebuah “bahasa baru” yang disusun semua penyakit disebut sebagai “a state of nonhealth” yang dibawa oleh seorang “chemical imbalance”.
Sebagian besar klaim kuratif langsung dipindahkan dari buklet, tapi sejarah kasus ilustratif ditambahkan. Meskipun tekanan pemerintah terus mendorong kasus penghapusan sejarah, buku kecil ini tetap sangat menyesatkan.

Pada 1951, Pengadilan mengeluarkan perintah tetap melarang siapa pun yang dijual produk Nutrilite dari mengacu pada setiap edisi “How to Get Well and Stay Wel” dan lebih dari 50 publikasi lain yang melebih-lebihkan pentingnya suplemen makanan.
Keputusan Pengadilan juga berisi daftar panjang dilarang dan diperbolehkan klaim tentang nutrisi dan produk-produk Nutrilite.

Pendiri Amway, Rich Devos dan Jay Van Andel, adalah teman-teman yang menjadi distributor Nutrilite setelah lulus SMA. Mereka sangat sukses dan membangun sebuah organisasi penjualan dengan lebih dari 2.000 distributor. Khawatir bahwa Produk Nutrilite mungkin runtuh, mereka membentuk sebuah perusahaan baru, American Way Association, kemudian berganti nama menjadi Amway. Mereka mulai biodegradable pemasaran produk-produk deterjen dan produk pembersih rumah tangga lainnya dan kemudian diversifikasi lini produk untuk menyertakan kecantikan, perlengkapan mandi, perhiasan, mebel, produk elektronik, dan banyak item lain. Bruto penjualan naik terus dari setengah juta dolar pada tahun 1959 menjadi lebih dari satu miliar dolar pada awal 1980-an.

Di Indonesia mulai ada sekitar tahun 1980, mulai berkembang sekitar tahun 1986.

Dengan modal awal yang relatif tidak besar, seorang tenaga penjual biasa mendapatkan penghasilan melalui dua cara. Pertama, keuntungan diperoleh dari setiap program makanan tambahan yang berhasil dijual ke konsumen. Kedua, dalam bentuk potongan harga dari jumlah produk yang berhasil dijual oleh distributor yang direkrut dan dilatih oleh seorang tenaga penjual dari perusahaan.
Seperti halnya semua bentuk penjualan langsung, metode ini membawa manfaat yang luar biasa bagi pasar dengan memberikan kesempatan kepada ribuan orang yang mungkin terabaikan atau tidak terserap di pasar tenaga kerja. MLM merupakan cara yang cukup sederhana dan tidak mahal bagi siapa saja yang ingin belajar tentang dasar bisnis dan manajemen penjualan.
MLM memang memberikan kesempatan kepada setiap orang, yang semula tidak diperhitungkan di dunia perdagangan. Bisnis ini menawarkan kemudahan bagi setiap orang, dengan cara yang sederhana, untuk menambah penghasilan mereka. MLM memperbolehkan orang berbisnis dengan produk atau jasa yang unik dan inovatif, membawa mereka ke pasar tanpa mengeluarkan biaya iklan di media masa yang sangat besar, dan tanpa harus bersaing di toko-toko pengecer. Suatu metode distribusi eceran dengan sentuhan pribadi yang sudah menyebar ke seluruh pelosok dunia.
Dengan cara unik dan inovatif, MLM telah menjadi metode penjualan yang sukses selama 60 tahun. Karena itu, banyak ditiru oleh bisnis-bisnis yang curang seperti skema pyramid / money-game, dan surat berantai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: