Cara Mudah Mendeteksi Font pada Logo/Gambar (Online)

Terbayang jika anda tidak memiliki koleksi font yang banyak, namun pekerjaan anda sehari-hari selalu berhubungan dengan mendesain, dan kebetulan desain yang anda kerjakan lebih banyak menggunakan jenis font yang macam-macam. Dan seandainya pun kita punya kolesi font, pasti butuh waktu yang lama untuk menyeleksi font yang tepat untuk logo tersebut. Jika tidak ada, dan kita memaksa browsing di internet maka bisa makan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari.

Kebetulan kasus diatas kadang sering sekali saya alami, ketika akan membuat ulang logo, yang kebetulan logo tersebut didesain dengan menggunakan jenis font yang tidak saya miliki. Kadang saya harus mencocokan satu persatu dari database font yang sudah ada, atau kalau tidak ketemu terpaksa browsing dengan mencari kata kunci logo yang dimaksud, sialnya cara yang saya lakukan tersebut sangat tidak efisien dan jarang sekali berhasil.

Berikut saya berikan sharing untuk solusi permasalahan diatas.

1. Siapkan Logo yang dimaksud, sebagai contoh saya gunakan logo salah satu stasiun radio berikut :

2. Buka website new.myfonts.com.

4. Kemudian file logo yang dimaksud anda upload dengan menekan tombol Browse, atau jika logo tersebut terletak pada sumber online, cukup masukkan url dari logo yang anda maksud, kalau sudah tekan tombol Continue.

5. Berikut adalah hasil font yang dapat dideteksi oleh sistem web myfonts.com, namun hasil berikut belum hasil jenis font yang diinginkan.

6. Sungguh menakjubkan, hasil akhirnya terdapat beberapa jenis font yang benar-benar mirip bahkan memang jenis font yang dimaksud.

Saya sendiri sangat terbantu dengan kehadiran tools yang disediakan oleh myfonts.com tersebut. Hanya saja kadang hal yang menyebalkan font yang dimaksud adalah font berbayar alias komersial. Selamat mencoba.

Thanks to: Mico Kelana

3 Komentar (+add yours?)

  1. Idi suwardi
    Mar 05, 2011 @ 10:48:47

    Saya punya blog tapi ga sebagus punya anda ini mungkin anda mau ngajarin saya hehehe

    Balas

    • Basyar
      Mar 11, 2011 @ 03:36:20

      Mas suwardi yth, blog ini sebenarnya sama sekali “untouchable” alias asli mengambil template dari wordpress. Melihat Situs anda saya yakin sebenarnya anda bukan newby, banyak materi yang cukup mendalam mengenai desain web.
      Mungkin anda butuh software pembuat halaman web, banyak sekali program yang bisa dipakai salah satunya artisteer.
      Mungkin anda bisa mencobanya, programnya bisa anda download di SINI

      Terima kasih.

      Balas

  2. lyla
    Jun 07, 2012 @ 04:58:26

    koq erorr…😥

    Balas

Tinggalkan Balasan

