7 Cara (Plus 7 Gerakan senam) mengecilkan Perut

Bagaimana cara mengecilkan perut yang buncit? Apakah ada tips mengecilkan perut secara alami? Memiliki perut gendut memang bukan hal yang patut dibanggakan. Selain tak sedap dipandang, kondisi ini juga bisa merusak penampilan. Timbunan lemak yang berlebihan di bagian perut nyatanya bisa menghambat fungsi hati sebagai penyaring racun dalam darah.

Dengan kondisi ini membuat sistem sirkulasi tubuh tidak berjalan normal dan menjadi pemicu timbulnya berbagai masalah kesehatan, seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Sebagian besar perut menggelembung alias buncit disebabkan oleh faktor dasar yaitu diet dan gaya hidup. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan perut buncit baik pada pria maupun wanita :

1. Minum air

Jika kepenuhan perut disebabkan oleh penyimpanan air, Anda sebenarnya dapat mengurangi masalah tersebut dengan minum air lebih banyak. Hal ini akan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem. Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi empedu efektif untuk mengeluarkan produk sampah. Jangan merubah konsumsi air saat diet karena banyak bahan yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut menggelembung.

2. Makan perlahan-lahan

Hindari makan cepat, karena ketika Anda menelan terlalu cepat, setidaknya udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat memicu penggelembungan perut. Selalu duduk saat makan dan kunyah makan secara perlahan-lahan. Makanan yang tidak terkunyah menjadi bagian-bagian kecil tidak dapat dicerna dengan sempurna yang kemudian menghasilkan banyak gas yang menimbulkan penggelembungan.

3. Mengurangi konsumsi garam

Terlalu banyak garam dalam diet menambah ektra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung.

4. Konsumsi serat yang tepat

Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti apel dan pear yang memiliki banyak kandungan air.

5. Awasi pengobatan

Perut yang mengembang adalah efek samping dari konsumsi obat. Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang memicu sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.

6. Hindari sembelit

Sembelit didefinisikan sebagai memiliki lebih sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Sebagai akibat perut terasa menambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan dan sayuran, lakukan secara gradual untuk menghindari fermentasi dan produksi gas yang berlebihan.

7. Olahraga

Olahraga memang salah satu cara yang wajib ditempuh untuk menghilangkan si perut buncit. Olahraga akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dilkeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga yang disarankan antara lain aerobik.

Itulah beberapa tips mengatasi perut buncit yang bisa anda lakukan, sekalian baca juga cara mengatasi ejakulasi dini secara alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengecilkan perut Anda! [@ dikutip dari berbagai sumber]

7 Gerakan Senam Mengecilkan Perut Buncit

Berikut ini adalah tujuh gerakan senam untuk mengecilkan perut buncit, menurunkan berat badan dan membentuk postur tubuh menarik.

1. SIT UP :

Posisi duduk di lantai atau di atas papan sit up dengan menekuk kedua lutut, kedua tangan berada di samping kepala.

Gerakannya : turun hingga 90 – 115 derajat ke bawah dan kembali ke posisi semula berulang-ulang. Manfaatnya untuk perut bagian atas.

Anatomi dan Posisi Sit Up 

2. SIT UP TWIST :

Posisinya sama dengan Sit up (1) tetapi pada saat naik, tubuh diputar sejauh mungkin dan dilakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk bagian perut samping.

Posisi dan Anatomi Twisted Sit Up

3. CRUNCHERS :

Posisi duduk di atas bangku, kedua tangan memegang sisi bangku, kedua kaki diluruskan ke depan dengan posisi lutut ditekuk sedikit.

Gerakannya :

Angkat kedua kaki bersamaan dengan badan ke arah atas dengan keduanya saling bertemu sedapat mungkin. kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang.

Posisi dan Anatomi Crunchers

4. KNEE UP :

Posisi tidur telantang di lantai (di bangku). Kedua tangan berada di belakang badan (pantat).

Gerakannya :

Angakat kedua kaki ke atas arah dengan sedikit menekuk lutut. Lalu kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk perut bagian bawah.

5. BACK UP :

Posisi telungkup di lantai atau di atas bangku. Dengan kedua tangan berada di samping kepala.

Gerakannya :

Ankat bagian badan atas ke arah belakang dengan gerakan datar dengan lantai. Lalu kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk punggung bagian bawah.

6. SIDE BEND :

Posisi berdiri, kaki dibuka selebar bahu dengan lutut ditekuk sedikit. Kedua tangan memegang dumbbell masing-masing seberat 4 kg.

Gerakannya :

Miring sejauh mungkin kekanan dan kekiri dilakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk tubuh bagian samping.

7. TWISTING :

Posisi kedua tangan memegang tongkat sepanjang 2,5 M. posisi berdiri kedua kaki dibuka 2 kali selebar bahu, dengan menekuk sedikit kedua lutut.

Gerakannya :

Putar kearah kanan dan kiri sejauh mungkin berulang-ulang dengan 15 kali hitungan dan lakukan 3-4 set.

Gerakan 1 hingga 7 ini masing-masing dilakukan secara berulang-ulang hitungan 15 kali dan dilakukan 3-4 set.

Namun karena saya pribadi agak malas (atau gak kuat gerakan yang lain) jadi saya hanya melakukan 3 gerakan pertama saja sesuai dengan Abdominal Exercises Pada Body Building, seharusnya akan jadi 6pack.. tapi karena saya orangnya gak serakah akhirnya saya ambil 1 aja, maka jadilah 1pack doang  :) (ngeles.com)

About these ads

9 Komentar (+add yours?)

  1. shanty
    Nov 09, 2011 @ 00:26:26

    perlu dicoba nih….

    Balas

  2. mohammad hermanus
    Jan 23, 2012 @ 14:56:42

    wah mantap…..boss berguna banget infonya…insya perut buncit sebentar lagi hailang dan jadi pull up nya jadi meningkat

    Balas

  3. schumater
    Sep 24, 2012 @ 14:24:07

    thanks for sharing this info for us,,

    Balas

  4. herry.com
    Nov 16, 2012 @ 17:06:18

    thanks you bray for sharing

    Balas

  5. harviana
    Des 12, 2012 @ 13:33:37

    bgus bget tipsx, aq mw coba akh…

    Balas

  6. umhie
    Des 15, 2012 @ 22:46:30

    wow,,perlu nih di coba nih,,thanks infox friend

    Balas

  7. http://jamujawaindonesia.blogspot.com/
    Jan 07, 2013 @ 03:33:40

    Mantap, jadi semangat latihan lagi.

    Balas

  8. Yeyen Ong
    Jan 20, 2013 @ 01:18:30

    good…. Bisa dipraktekin nih… Thanks

    Balas

  9. sandra
    Mar 20, 2013 @ 06:02:32

    Right now it appears like Drupal is the best blogging
    platform out there right now. (from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: